Peralatan Jaringan dan Fungsinya

1. Router


router
Router merupakan perangkat jaringan yang berfungsi menghubungkan dua jaringan atau lebih sehingga data dapat dikirim dari satu jaringan ke jaringan yang lain. Dengan menggunakan router, kita bisa menghubungkan dua jaringan yang berbeda.

2. Bridge


perangkat jaringan
Bridge merupakan perangkat jaringan yang memiliki fungsi memperluas suatu jaringan sekaligus membuat sebuah segmen jaringan.
Cara kerja Bridge yaitu mengenali alamat MAC yang mentransmisi sebuah data ke jaringan, kemudian Bridge akan membuat tabel internal secara otomatis, dimana tabel ini dapat menentukan segmen mana yang akan dirouting maupun yang akan difilter.

3. Hub

perangkat jaringan komputer

Hub merupakan salah satu perangkat jaringan yang bertugas mengubah sinyal transmisi jaringan, dimana hal tersebut dimaksudkan agar kedua komputer atau lebih dapat saling terhubung.
Fungsi Hub dalam jaringan komputer antara lain :
  • Memecahkan server jaringan dari server menuju komputer client atau user.
  • Mentransmisikan jaringan dari server
  • Menjadi  penguat sinyal transmisi paket data (pada smart hub)

4. Switch

switch
Switch merupakan perangkat jaringan yang memiliki fungsi hampir sama dengan Hub, tetapi perangkat ini 'lebih pintar' dari Hub karena dapat mengatasi masalah collision data. Selain itu, switch juga memiliki beberapa kelebihan seperti kecepatan transfer data maupun uas jaringan yang jauh lebih bagus dari Hub.
Selain itu, Switch tidak hanya digunakan untuk membagi sinyal tetapi juga memfilter paket data kemudian meneruskanya ke jaringan yang dituju.


5. Repeater


Gambar terkait
Repeater adalah perangkat jaringan yang memiliki fungsi memperluas jangkauan sinyal wifi dari server agar perangkat lain bisa terhubung. 
Cara kerja dari repeater itu sendiri adalah dengan menerima sinyal dari server, kemudian memancarkanya kembali dengan jangkauan yang lebih luas dan kuat.





6. Access Point

Gambar terkait
Access Point dalam jaringan komputer adalah sebuah jalur akses nirkabel yang memungkinkan antar perangkat untuk terhubung ke jaringan nirkabel dengan menggunakan Wi-Fi, Bluetooth atau standar terkait.
Fungsi Access Point antara lain:

  • Mengatur supaya AP dapat berfungsi sebagai DHCP server
  • Mencoba fitur Wired Equivalent Privacy (WEP) dan Wi-Fi Protected
  • Mengatur akses berdasarkan MAC Address device pengakses
  • Sebagai Hub/Switch yang bertindak untuk menghubunhkan jaringan lokal dengan jaringan wireless/nirkabel.

7. Modem

modem Alat - Alat Jaringan Komputer Beserta Gambar Dan Penjelasannya
Modem merupakan alat yang digunakan sebagai penghubung jaringan personal atau local dengan internet. Dalam menjalankan tugasnya, modem akan mengubah data digital kedalam data analog yang bisa dipahami oleh kita manusia maupun sebaliknya.


Sekian.

Komentar

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Ki kalo kata gue ini kurang detail penjabarannya ..bisa lu edit neh

    BalasHapus

Posting Komentar